Kamis, 12 Juli 2012

Ungu yang Unyu

Ungu adalah salah favorit Sora selain biru dan putih tentunya :D Warna ungu dapat ditemui di berbagai hal tidak terkecuali tanaman. Kali ini Sora akan berbagi kepada kawan-kawan mengenai tanaman berwarna ungu yang unik. Tanaman tersebut ada yang berwarna ungu secara alami maupun hasil polesan tangan ahli para ilmuwan. Selamat membaca :)

Wortel Ungu
 
Cantiknya warna asli wortel

Wortel memang terkenal dengan warna oranyenya yang memikat. Namun tahukah kawan-kawan, ternyata warna asli wortel adalah ungu. Iya, UNGU, kawan-kawan nggak salah baca loh, hehe. Sebelum abad ke 17, hampir semua wortel yang ditanam berwarna ungu.
Lalu kenapa sekarang warna wortel menjadi oranye? Ternyata penyebabnya adalah adanya mutasi genetik terhadap tanaman ini. Pada akhir abad 16, para petani wortel dari Belanda, mulai menggunakan tanaman wortel yang termutasi secara alami. Tanaman yang termutasi ini memiliki berbagai macam warna, baik oranye, kuning, bahkan putih. Para petani wortel di Belanda inilah yang mulai mengawin-silangkan berbagai varietas wortel sehingga menjadi wortel oranye cerah nan manis seperti yang kita kenal sekarang ini. 
Berbagai warna wortel
Terus wortel ungu enak atau nggak? Ternyata wortel yang asli memiliki rasa yang tidak semenarik wortel yang sekarang kita kenal. Wortel dalam bentuk asli dengan warna ungu cenderung lebih keras, tidak segemuk wortel yang sekarang kita kenal, dan rasanya tidak semanis wortel yang sekarang kita kenal. Oleh karena inilah, maka wortel ungu tidak terlalu banyak dikembangkan. Selain alasan rasa, karena ukurannya yang lebih besar dan lebih gemuk, maka wortel oranye jauh lebih menarik untuk ditanam, karena memberikan keutungan yang lebih besar terhadap para petani wortel.


Kol Ungu
Kalau kolnya secantik ini
kayaknya Sora ingin coba
Bagi kawan-kawan pecinta lalapan, pasti kol adalah sayuran yang nggak boleh ketinggalan. Sora sendiri sih nggak terlalu suka makan kol. Tapi, bagaimana kalau kolnya berwarna ungu? Wuiihh, jadi pengen makan, warnanya mantep bener (:
Rasa kol ini sama seperti kol yang umumnya berwarna hijau. Namun, sayuran ini ternyata menyimpan khasiat lebih. Selain kaya vitamin C dan K, kol ungu juga memiliki konsentrasi tinggi anthocyanin polyphenols, zat yang berperan mencipta warna ungu pada sayur tersebut. Zat ini tak hanya memiliki efek antioksidan yang cukup baik, tapi juga terlibat dalam proses antiperadangan. Sejumlah studi membuktikan bahwa kandungan anthocyanin polyphenols membantu menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan beberapa tipe kanker.

Tomat Ungu
Tomat Ungu atau Indigo Rose merupakan hasil perkawinan antara Blueberry dan tomat merah. Tomat ungu ini mengandung Anthocyanin yang sangat tinggi yang telah terbukti dapat membantu fungsi kognitif dan mengurangi peradangan serta stres. Para peneliti mengatakan tomat ungu sangat baik bagi kesehatan dari pada tomat merah.
Peneliti mengatakan di wilayah Amerika Serikat tomat ungu lebih diminati dibandingkan sayur-sayur yang lain seperti kentang, selada dan bawang.

Tomat Ungu
Selain itu, rupanya masih ada manfaat lain dari tomat hasil rekayasa genetika ini. Tomat ungu hasil rekayasa genetika ini bisa menjadi senjata baru dalam melawan kanker.
Buah yang rasanya dan baunya seperti tomat merah normal ini, telah diberikan dua gen dari bunga snapdragon yang menghasilkan warna gelap. Warna khas diciptakan oleh pigmen antioksidan yang melindungi terhadap penyakit termasuk kanker, gangguan jantung dan diabetes.



Kentang Ungu

Jadi pengin makan kripik
kentang ungu
Kentang biasanya identik dengan warna putih pada dagingnya dan warna coklat untuk kulitnya. Tapi kini ada juga kentang yang serba ungu, dari kulit hingga dagingnya. Dan kentang ungu ini digunakan untuk acara Halloween. Menurut produser (Sora nggak tahu ini produser film atau kentang, hehehe) asal Skotlandia, Albert Bartlett, kentang ungu ini 9 kali lebih banyak mengandung antioksidan dibandingkan kentang biasa atau standar.
Bahkan tes darah dilakukan pada orang-orang yang makan kentang ungu dan ditemukan meski kentang sudah dimasak, tapi keuntungan kesehatannya masih tetap ada.
Adapun kentang ini dikembangankan dari kentang jenis tradisional di Universitas Colorado. Dari hasil percobaan-percobaan ditemukan kalau kentang itu bisa tumbuh di Inggris. Saat ini sih kentang ungu sudah dipasarkan di Sainsbury, Inggris.

Pisang Ungu

Nah.. ungu yang satu ini lumayan susah nyari datanya. Tapi menurut referensi yang Sora dapat, pisang ungu ini dapat digunakan untuk memperlancar ASI. Cara penggunaannya adalah dengan menghaluskan 1 atau 2 pisang masak kemudian ditambah air setengah gelas diperas dan disaring. Air tersebut diminum setiap pagi dan sore.
Monyet-monyet pasti pada ngiler nih
Untuk sumber warna dari pisang ini, menurut Sora ungu memang warna alaminya. Karena berdasarkan salah satu referensi yang Sora baca menyebutkan bahwa hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Hipotesis Sora pisang ungu itu memang warnanya alami (mohon maaf bila salah).
 
Ungu adalah warna yang melambangkan kesetiaan, sepertinya itu benar karena tanaman-tanaman ungu yang sudah Sora paparkan tadi tetap setia menjaga kesehatan orang yang mengonsumsinya (:


Referensi:
Berbagai sumber hasil searching bersama Abang Google
Sora Karista. Diberdayakan oleh Blogger.