Rabu, 19 Desember 2012

Bangau (鶴; Tsuru)

Origami

Berawal dari menjadi anggota KSPAN dadakan beberapa waktu lalu, Sora jadi kecanduan untuk belajar tentang yang satu ini nih, yup origami (折り紙) atau lebih dikenal sebagai seni melipat kertas yang berasal dari negeri matahari terbit, Jepang. Ada berbagai jenis origami mulai dari yang mudah dibuat hingga yang memerlukan keahlian super, mulai dari yang berbentuk makhluk hidup hingga yang berbentuk barang-barang di sekitar kita, pokoknya banyak deh. 
Untuk saat ini origami favorit Sora adalah origami burung bangau (tsuru).  Sebelumnya Sora hanya mengenal satu jenis origami bangau. Tapi seiring berkembangnya zaman, ternyata origami bangau mulai dikembangkan dengan berbagai variasi yang unik. Nah, Sora akan membahas beberapa jenis origami burung bangau yang pernah Sora coba buat.

Traditional Crane
Origami bangau yang satu ini mungkin adalah yang paling terkenal di antara bangau-bangau lainnya. Menurut legenda Jepang, siapapun yang dapat melipat kertas-kertas menjadi seribu origami bangau ini (senbanzuru) maka satu permohonannya akan dikabulkan, misalnya memperoleh umur yang panjang atau sembuh dari penyakit. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh kepercayaan rakyat Jepang bahwa bangau adalah salah satu makhluk suci dan konon dapat hidup selama ribuan tahun. 
Traditional Crane
Senbanzuru


Congratulations Crane 
Yang kedua adalah kotobukizuru yang dikenal dengan nama congratulations crane atau hiroshima crane. Jenis origami bangau yang ini memiliki ekor yang mirip hiasan kipas yang terdapat pada kado. Ya, Sora nggak heran kenapa namanya congratulations crane.

Kotobukizuru yang dibuat dengan kertas putih polos

Kotobukizuru yang dibuat dengan kertas
berwarna cokelat dan kuning keemasan

Tampak belakang dari kotobukizuru


Rose Crane
Origami bangau yang ketiga adalah favorit Sora. Walaupun sampai saat ini Sora belum berhasil membuat versi rapinya, tapi origami bangau yang satu ini keren abis. Dasar pembuatannya masih sama seperti bangau yang tradisional, tapi perbedaannya terletak pada bagian punggung origami ini yang berbentuk seperti bunga mawar. Bangau yang cantik.

Blue and Red Tsuru Rose
Tsuru Rose yang dibuat dengan kertas
bercorak khas Jepang (mungkin)

Tsuru Rose yang menyerupai tanaman asli
Untuk Kawan-kawan yang ingin mencoba membuat origami bangau di atas, langsung aja deh cekidot ke TKP
Traditional Crane: Diagram
Congratulations Crane: Diagram, Video
Rose Crane: Diagram 12

Sekian pembahasan Sora mengenai beberapa jenis origami burung bangau. Semoga bermanfaat ya Kawan.



2 komentar:

  1. Aku suka yang Rose Crane... wkwkwkw
    Semangat uma!! :D

    BalasHapus
  2. hehe, kamu suka yang paling susah hen. Iya aku kan selalu semangat :D
    tspi sekarang nggak pernah belajar bikin origami lagi, hhe

    BalasHapus

Sora Karista. Diberdayakan oleh Blogger.